Abstrak
Multimedia interaktif adalah suatu media pembelajaran mencakup materi yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami untuk membuat pembelajaran lebih aktif dan menghasilkan kemampuan yang diperlukan. Karena buku teks masih digunakan, alat pembelajaran interaktif tidak digunakan, dan ceramah instruktur masih menjadi metode pengajaran utama dalam kursus Dasar-dasar Elektronika, siswa lebih cenderung pasif atau tidak aktif di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan memahami apakah pemakaian media interaktif menggunakan aplikasi Canva layak digunakan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika dapat dilakukan. Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) digunakan untuk membuat video pembelajaran ini. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dosen mendapatkan skor 71 dan persentase 94,6%. Selanjutnya oleh guru dengan skor 70 persentase 93,3%. Jadi rata-rata persentase 2 validator yaitu 93,95% termasuk kategori Sangat Layak. Penilaian kelayakan selanjutnya oleh dosen sebagai ahli media mendapatkan skor 69 persentase 92%. Selanjutnya guru memperoleh skor 70 persentase 93,3%. Jadi rata-rata persentase 2 validator adalah 92,65% dikategorikan Sangat Layak. Hasil dari validasi ahli materi dan ahli media, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Dasar-Dasar Elektronika “Sangat Layak” diterapkan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Elektronika (DDE).
Referensi
J. Kusumanegara, “Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar,” 2022.
B. Ixtiarto, “Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri,” vol. 26, 2016.
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” JKP, vol. 2, no. 2, p. 103, Aug. 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” JPAI, vol. 8, no. 2, Dec. 2010, doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.
H. Hasanah, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communication Technology) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Program Excellent Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Kabupaten Jember”.
E. Priyambodo and A. Wiyarsi, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,” vol. 42, 2012.
M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, Jul. 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1480.
G. P. P. Hapsari and Z. Zulherman, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa,” basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2384–2394, Jul. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1237.
W. Widyaningrum and E. Sondari, “Penerapan Literasi Digital Untuk Membuat Desain Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva”.
R. Kusumastuti, “Upaya Smk Bidang Studi Bisnis Manajemen Dalam Memenuhi Kebutuhan Softskill Dunia Industri,” vol. 1, no. 3.
G. P. P. Hapsari and Z. Zulherman, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa,” basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2384–2394, Jul. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1237.
I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF, vol. 3, no. 1, p. 57, Jun. 2017, doi: 10.21009/1.03108.
R. A. Oktaviara, “Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar,” vol. 07, 2019.
H. Dwi Lestari and D. P. P. Putu Parmiti, “Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar,” JET, vol. 4, no. 1, p. 73, Mar. 2020, doi: 10.23887/jet.v4i1.24095.
M. M. Fardany and R. M. Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi,” j.pendidik.ekon., vol. 8, no. 3, pp. 101–108, Sep. 2020, doi: 10.26740/jupe.v8n3.p101-108.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2023 Helza Mayonva, Delsina Faiza