Virtual Tour Panorama 360 Sebagai Media Visualisasi Lingkungan Kampus
PDF

Keywords

virtual tour
visualization media
panorama
MDLC
promotion

How to Cite

Alhamdi, N. S., Fajri, B. R., & Samala, A. D. (2023). Virtual Tour Panorama 360 Sebagai Media Visualisasi Lingkungan Kampus . ELEKTIF: Jurnal Elektronika & Informatika, 1(2), 82–92. https://doi.org/10.24036/elektif.v1i2.20

Abstract

Departemen Teknik Elektronika di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP) adalah departemen yang memiliki jumlah program studi terbanyak. Karena banyaknya fasilitas yang dimiliki, sulit untuk memuat semua informasi dalam brosur atau pamflet. Selain itu, website yang dimiliki juga terbatas dalam menampilkan informasi berupa gambar dan teks, sementara mahasiswa saat ini, terutama generasi Z, cenderung kurang tertarik untuk membaca. Video promosi yang hanya satu arah juga tidak memberikan pengalaman yang mendalam kepada mahasiswa dalam mengenal lingkungan kampus. Berdasarkan hasil kuesioner, 97% mahasiswa yang menjadi responden setuju dengan pengembangan tur virtual. Pengembangan ini menggunakan Model Pengembangan Multimedia (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: 1) Konsep; 2) Desain; 3) Pengumpulan Materi; 4) Perakitan; 5) Pengujian; dan 6) Distribusi. Hasil penelitian ini berupa tur virtual interaktif berbasis web dengan panorama 360 derajat. Tur virtual ini diharapkan menjadi salah satu inovasi dan tren dalam kunjungan virtual bagi calon mahasiswa, orang tua, dan masyarakat umum yang ingin mengenal lingkungan kampus, terutama di Departemen Teknik Elektronika FT UNP. Selain itu, tur virtual ini juga memberikan informasi dan edukasi tentang gedung dan fasilitas yang dikunjungi.

 

https://doi.org/10.24036/elektif.v1i2.20
PDF

References

B.-K. Lee, “The Metaverse World and Our Future,” Review of Korea Contents Association, vol. 19, no. 1, pp. 13–17, 2021.

Q. Yang, Y. Zhao, H. Huang, Z. Xiong, J. Kang, and Z. Zheng, “Fusing Blockchain and AI with Metaverse: A Survey,” 2022.

A. I. Mozumder, M. M. Sheeraz, A. Athar, S. Aich, and H. Kim, “Overview: Technology Roadmap of the Future Trend of Metaverse based on IoT , Blockchain , AI Technique , and Medical Domain Metaverse Activity,” no. February, 2022.

Y. Li and D. Xiong, “The Metaverse Phenomenon in the Teaching of Digital Media Art Major,” vol. 643, no. Adii 2021, pp. 348–353, 2022.

S. M. Park and Y. G. Kim, “A Metaverse: Taxonomy, Components, Applications, and Open Challenges,” IEEE Access, vol. 10, pp. 4209–4251, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3140175.

J. Beck, M. Rainoldi, and R. Egger, “Virtual reality in tourism: a state-of-the-art review,” Tourism Review, vol. 74, no. 3, pp. 586–612, 2019, doi: 10.1108/TR-03-2017-0049.

A. S. B. Azizo, F. Bin Mohamed, C. V. Siang, and M. I. M. Isham, “Virtual Reality 360 UTM Campus Tour with Voice Commands,” 6th International Conference on Interactive Digital Media, ICIDM 2020, no. Icidm, 2020, doi: 10.1109/ICIDM51048.2020.9339665.

A. W. Liang, N. Wahid, and T. Gusman, “Virtual Campus Tour Application through Markerless Augmented Reality Approach,” JOIV: International Journal on Informatics Visualization, vol. 5, no. 4, p. 354, 2021, doi: 10.30630/joiv.5.4.743.

A. S. Pahlevi, J. Sayono, and Y. A. L. Hermanto, “Design of a Virtual Tour as a Solution for Promoting the Tourism Sector in the Pandemic Period,” KnE Social Sciences, vol. 2021, pp. 368–374, 2021, doi: 10.18502/kss.v5i6.9226.

T. Yang, I. K. W. Lai, Z. Bin Fan, and Q. M. Mo, “The impact of a 360° virtual tour on the reduction of psychological stress caused by COVID-19,” Technol Soc, vol. 64, no. January, p. 101514, 2021, doi: 10.1016/j.techsoc.2020.101514.

K. Fathoni, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Sebagai Media Pengenalan Lingkungan Kampus Pens Berbasis Website,” vol. 7, no. 1, pp. 23–30, 2021.

J. A. Jones, J. E. Hopper, M. T. Bolas, and D. M. Krum, “Orientation Perception in Real and Virtual Environments,” IEEE Trans Vis Comput Graph, vol. 25, no. 5, pp. 2050–2060, 2019, doi: 10.1109/TVCG.2019.2898798.

L. Argyriou, D. Economou, and V. Bouki, “Design methodology for 360° immersive video applications: the case study of a cultural heritage virtual tour,” Pers Ubiquitous Comput, vol. 24, no. 6, pp. 843–859, 2020, doi: 10.1007/s00779-020-01373-8.

M. Mardainis, M. Arifin, R. Rahmaddeni, and Y. Efendi, “Virtual Tour Interaktif 360 Derajat Menggunakan Teknik Image Stitching Sebagai Media Informasi Kampus STMIK Amik Riau,” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 2, pp. 209–222, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.4265.

Y. M. Arabi et al., “How the COVID-19 pandemic will change the future of critical care,” Intensive Care Med, vol. 47, no. 3, pp. 282–291, 2021, doi: 10.1007/s00134-021-06352-y.

J. Lu, X. Xiao, Z. Xu, C. Wang, M. Zhang, and Y. Zhou, “The potential of virtual tourism in the recovery of tourism industry during the COVID-19 pandemic,” Current Issues in Tourism, vol. 25, no. 3, pp. 441–457, 2022, doi: 10.1080/13683500.2021.1959526.

Supriyadi, “Perancangan Multimedia Virtual Tour Sebagai Media Informasi Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri,” Junral Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 9, pp. 1–8, 2022.

B. K. Lasabuda et al., “Virtual Tour Pengenalan Teluk Labuan Uki di Kabupaten Bolaang Mongondow,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 129–134, 2019.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Nuzula Shouma Alhamdi, Bayu Ramadhani Fajri, Agariadne Dwinggo Samala